close

Info DAPODIKMEN Grobogan KLIK DISINI

Thursday, November 22, 2012

Membangun Website Sekolah dengan Model CMS BALITBANG KEMENDIKNAS

Berikut intisari dari Buku Tutorial membangun Website Sekolah dengan Model CMS BALITBANG KEMENDIKNAS

Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menjadi kebutuhan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran.

Balitbang Kemendiknas sebagai lembaga penelitian dan pengembangan di bidang pendidikan memiliki peran yang sangat strategis dalam melakukan penelitian dan pengembangan di bidang pendidikan. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalan Pengembangan Model Website Sekolah atau yang dikenal dengan nama Content Management System (CMS) Balitbang.

CMS Balitbang merupakan aplikasi yang dirancang untuk mengembangkan dan memublikasikan manajemen sekolah dan pembelajaran berbasis web dengan metode yang sangat mudah, tanpa perlu penguasaan HTML, PHP, MySQL ataupun aplikasi publikasi web lainnya yang rumit.

Fitur yang tersedia cukup lengkap, seperti: guru, siswa, alumni, banner, login member, statistic, agenda, berita, pencarian, info sekolah, galeri foto, jajak pendapat, materi ajar, peta situs serta tautan e-learning, dan blog.

Pembahasan dalam buku ini diuraikan secara praktis langkah demi langkah (step by step), dengan bahasa yang mudah dipahami dan langsung dapat dipraktekkan secara mandiri, mulai dari cara instalasi, administrasi hingga mengunggah (upload) ke web hosting.

Isi buku ini terdiri atas:

Gambaran Umum CMS Balitbang
Instalasi CMS Balitbang
Mengelola Isi Website
Mengelola Fitur Website Sekolah
Mengelola Fitur Member Sekolah
Upload ke Web Hosting

Forum diskusi pembahasan mengenai website sekolah secara interaktif bisa diakses di: http://www.kajianwebsite.org atau bisa bergabung dalam milis: kajianweb_balitbang@yahoogroups.com.

Dengan menggunakan CMS Balitbang ini sekolah yang belum memiliki website dapat membuat sendiri dengan mudah dalam waktu singkat dengan memiliki fitur yang lengkap.

CMS BALITBANG ini juga dapat digunakan membangun Website untuk berbagai keperluan, seperti: Website pribadi, Toko, Kantor, Ikatan alumni, Komunitas, dan sebagainya.

Anda dapat membelinya secara online atau ke toko buku terdekat ...

1 comment:

  1. Balitbang cukup tanggap terhadap perkembangan pesat TIK! salut.....

    ReplyDelete

Komentar Terbaru