"Biodata Siswa Peserta UN 2016/2017 akan diambil secara langsung dari DAPODIK DIKMEN (SMP, SMA dan SMK) dan DAPODIK DIKMAS (Paket B dan Paket C). Pastikan biodata siswa kelas akhir sekolah anda sudah benar dan valid. Untuk biodata siswa MTs, MA dan Ponpes sedang dikoordinasikan dengan Kemenag."

Optimalisasi Pemanfaatan Dana BOS Menggunakan Teknik Analytic Hierarchy Process(AHP)


Berikut ini e-book tentang Optimalisasi Pemanfaatan Dana BOS Menggunakan Teknik Analytic Hierarchy Process(AHP) yang kami dapat dari http://psmk.kemdikbud.go.id/. Penelitian Baedhowi, dkk tahun 2015 yang berjudul Efektivitas Pelaksanaan BOS Dalam Menunjang Operasional SMK Rujukan, ditemukan hasil pemanfaatan dana BOS digunakan untuk pembelian bahan praktek dan atau bahan habis pakai dikarenakan mudah dalam "menghabiskan" dana dan mudah dalam membuat pertanggungjawaban. SMK tidak me-nerapkan Manajemen Berbasis Sekolah, kesulitan dalam merencanakan, menentukan prioritas pemanfaatan dana BOS agar sesuai dengan PrograrniKebijakan yang mendukung pencapaian visi misi yang telah ditetapkan.

Berdasarkan hasil penelitian Baedhowi tahun 2016, diperoleh kesimpulan sebagai berikut:
  1. Sekolah kurang mengoptimalkan keterlibatan seluruh ekosistem dalam penyusunannya, sekolah yang sudah meli-batkan ekosistem dengan baik sebesar 44.74%, sedangkan yang cukup balk sebesar 52.63% dan 2.63% kurang balk dalam melibatkan seluruh eksositem sekolah.
  2. Telah ditemukan diagram jalur yang baik (efek langsung maupun tidak langsung) dalam menjelaskan hubungan an-tar variabel pemenuhan standar proses, standar penilaian, standar kompetensi lulusan dan nilai Ujian Nasional (UN).
  3. Variabel efektivitas BOS mempunyai jalur signifikan yang menghubungkannya dengan variabel pemenuhan standar penilaian Hal tersebut memiliki arti bahwa, bila dilihat dari pengaruhnya terhadap Nilai UN, ternyata efektivitas BOS mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap nilai UN yaitu melalui pemenuhan standar penilaian.
  4. Penggunaan dana BOS paling tinggi digunakan untuk Pembelian bahan praktek/bahan habis pakai (21%) dan ter-endah digunakan untuk Pengembangan Sekolah Rujukan (1%).
Berkaitan dengan hal tersebut, pada tahun 2016 Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jen-deral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudyaaan Republik Indonesia bekerjasama den-gan Universitas Sebelas Maret (UNS) pada tahun 2016 melaksanakan suatu kajian empiris (penelitian) tentang optimal-isasi model pemanfaatan dana BOS untuk SMK swasta yang dalam hal ini diambil sampel untuk SMK Muhammadiyah. Diharapkan dengan pemanfaatan dana BOS untuk SMK swasta yang optimal, dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa, paling tidak setara dengan SMK Negeri. Berdasarkan hasil penelitian pada tahun 2016 tersebut, diper-oleh kesimpulan bahwa:
  1. Sekolah kurang mengoptimalkan keterlibatan seluruh ekosistem dalam proses perencanan, pelaksanaan dan pel-aporan. Sehingga penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) belum optimal.
  2. Sekolah masih mengalami kesulitan dalam penentuan prioritas sasaran BOS sehingga pemanfaatan dana BOS juga belum sesuai dengan visi dan misi sekolah.
  3. Penggunaan dana BOS paling tinggi digunakan untuk Pembelian bahan praktek/bahan habis pakai dikarenakan dirasa lebih cepat untuk menyerap anggaran dan mudah dalam pertanggungjawaban.
  4. Sekolah belum memenuhi aspek transparan, dan akuntabel dengan tidak menyampaikan penggunaan dana BOS kepada ekosistem melalui media.
Berdasarkan hasil penelitian Baedhowi tahun 2016 tersebut di alas, diperlukan sebuah buku tentang optimalisasi pemanfaatan Dana BOS SMK untuk mengoptimalkan pemanfaatan Dana BOS sehingga memenuhi ketentuan Manaje-men Berbasis Sekolah (MBS), memenuhi azas transparansi dan akuntabilitas. Diharapkan dengan buku tersebut mampu membantu pengelola Dana BOS di tingkat satuan pendidikan dalam perencanaan, pemanfaatan, monitoring dan evaluasi sampai dengan pelaporannya.



Anda dapat mengunduh File Excelnya disini:

1. Template AHP Excel

Masukan alamat email anda untuk mendapat berita terbaru dari www.smk-grobogan.net

0 Response to "Optimalisasi Pemanfaatan Dana BOS Menggunakan Teknik Analytic Hierarchy Process(AHP)"

Post a Comment