Peta Lokasi Tempat Lomba LKS Jateng 2017 Pati (KLIK DISINI)

Implementasi Pengembangan Kecakapan Abad 21 pada RPP


Abad 21 merupakan abad yang berlandaskan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga menuntut sumber daya manusia sebuah negara untuk menguasai berbagai bentuk keterampilan,termasuk keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah dari berbagai permasalahan yang semakin meningkat. Dengan kata lain,berbagai keterampilan dalam bingkai ilmu pengetahuan dan teknologi yang perlu dikuasai oleh SDM, menjadi kata kunci bagi sebuah bangsa untuk turut serta dalam percaturan dunia.

Salah satu upaya dalam mengatasi permasalahan pendidikan di negeri ini adalah guru diharapkan memahami bagaimana mengimplementasikan kecakapan Abad 21 dalam pembelajaran.

Walaupun artikel tentang "Model Implementasi Kecakapan Abad 21 dalam Pembelajaran" berikut ini dikeluarkan oleh Direktoran SMA namun dapat juga sebagai referensi bagi anda guru SMK.
Implementasi Pengembangan Kecakapan Abad 21 pada RPP

Tujuan dari Implementasi Pengembangan Kecakapan Abad 21 pada RPP antara lain:
  1. Meningkatkan watak dan profesionalisme guru untuk memenuhi tuntutan pengembangan kecakapan Abad 21
  2. Meningkatkankompetensi dan kinerja guru dalam dalam merencanakan dan mengelola pembelajaran yang mendidik, dan memfasitasi peserta didik menguasai kecakapan hidup abad 21
Pendidikan Abad 21 merupakan pendidikan yang mintegrasikan antara kecakapan pengetahuan, keterampilan, dan sikap, serta penguasaan terhadap TIK. Kecakapan tersebut dapat dikembangkan melalui berbagai model pembelajaran berbasis aktivitas yang sesuai dengan karakteristik kompetensi dan materi pembelajaran. Kecakapan yang dibutuhkan di Abad 21 juga merupakan keterampilan berpikir lebih tinggi (Higher Order Thinking Skills (HOTS)) yang sangat diperlukan dalam mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi tantangan global.

4 Kecakapan Abad 21 yaitu:

  1. Kecakapan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah (Critical Thinking and ProblemSolving Skill)
  2. Kecakapan Berkomunikasi (Communication Skills)
  3. Kreatifitasdan Inovasi (Creativity and Innovation)
  4. Kolaborasi (Collaboration)

Selengkapnya dapat anda unduh artikel tentang Implementasi Pengembangan Kecakapan Abad 21 pada RPP berikut ini:


Masukan alamat email anda untuk mendapat berita terbaru dari www.smk-grobogan.net

0 Response to "Implementasi Pengembangan Kecakapan Abad 21 pada RPP"

Post a Comment