Download Pergub Jawa Tengah Tentang PPDB SMK dan SMA Negeri Tahun Pelajaran 2020/2021


Peraturan Gubernur (Pergub) Jawa Tengah Nomor 14 Tahun 2020 mengatur tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada Sekolag Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Sekolah Luar Biasa (SLB) di Provinsi Jawa Tengah. 

Pergub No. 14 Tahun 2020 ini ditetapkan di Semarang pada tanggal 11 Mei 2020 oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Pergub ini juga menggantikan Pergub No. 9 Tahun 2019 tentang PPDB SMA Negeri dan SMK Negeri Provinsi Jawa Tengah.

Download Pergub Jawa Tengah Tentang PPDB SMK dan SMA Negeri Tahun Pelajaran 2020/2021

Isi dari pergub tersebut mengatur pelaksanan PPDB SMA Negeri dan SMK Negeri di Jawa Tengah yang antara lain sebagai berikut;

Pendaftaran dilaksanakan secara daring (online) oleh masing-masing calon peserta didik sesuai dengan tata cara yang ditetapkan. Tata cara akan dijelaskan pada juknis yang masih kita tunggu.

Pada Pasal 10 disebutkan bahwa PPDB dilaksanakan melalui empat jalur sebagai berikut;
  • Jalur zonasi
  • Jalur Afirmasi
  • Jalur perpindahan tugas orang tua/wali
  • Jalur Prestasi
Empat Jalur diatas diperuntukan SMA Negeri di seluruh Jawa Tangah. 

Untuk SMK Negeri di Jawa Tengah pelaksanaan mengacu pada pasal 17 sebagai berikut;

(1) Seleksi calon peserta didik baru kelas 10 (sepuluh) SMK tidak menggunakan jalur pendaftaran PPDB sebagaimana dimaksud dalam Pasal 10.
(2) Seleksi calon peserta didik baru kelas 10 (sepuluh) SMK dengan mempertimbangkan nilai rapor dan nilai kejuaraan bidang akademik maupun non akademik.
(3) Seleksi calon peserta didik sebagaimana dimaksud pada ayat (21 memprioritaskan calon peserta didik dari keluarga miskin paling sedikit 2Ooh (dua puluh persen).
(4) Apabila kuota sebagaimana dimaksud pada ayat (3) tidak terpenuhi, dapat mempertimbangkan nilai rapor dan nilai kejuaraan bidang akademik maupun non akademik.
(5) Hasil seleksi sebagaimana dimaksud pada ayat l2l diperoleh hasil yang sarna, satuan pendidikan memprioritaskan pada :
  • a. prioritas pilihan;
  • b. calon peserta didik yang berdomisili pada wilayah Kabupaten/Kota atau Provinsi yang sama dengan SMK yang bersangkutan;dan
  • c. usia yang paling tinggi calon peserta didik.
Untuk selengkapnya anda dapat mengunduh/download Peraturan Gubernur (PERGUB) tentang PPDB SMA dan SMK Negeri Jawa Tengan dengan Klik Tombol . Anda juga dapat membaca secara online berikut ini;


Masukan alamat email anda untuk mendapat berita terbaru dari www.smk-grobogan.net

0 Response to "Download Pergub Jawa Tengah Tentang PPDB SMK dan SMA Negeri Tahun Pelajaran 2020/2021"

Post a Comment