eRKAS Elektronik Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah


Anda mungkin sudah pernah mengetahui apa itu RKAS atau bahkan anda yang membuatnya. RKAS adalah dokumen yang berisi rencana program pengembangan sekolah satu tahun ke depan yang disusun berdasarkan RKS untuk mengatasi kesenjangan yang ada antara kenyataan dengan yang diharapkan menuju terpenuhinya Standar Masional Pendidikan (SNP).

Didalam Permendiknas No. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan, setiap sekolah pada semua jenjang pendidikan, termasuk SMK, harus menyusun Rencana Kerja Sekolah (RKS) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).

http://rkas.dikdasmen.kemdikbud.go.id/download.html

e-RKAS atau Elektronik Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah merupakan sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang diharapkan dapat membantu sekolah dalam menyusun dan melaporkan kegiatan dan anggaran sekolah.
Baca Juga : FORMAT dan PEDOMAN PENYUSUNAN RKAS SMA/SMK TP 2017-2018

Manfaat eRKAS-Elektronik Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah

  1. Memudahkan sekolah dalam membuat perencanaan kegiatan, perencanaan pembelajaan barang dan jasa, serta pertanggungjawaban.
  2. Memudahkan dinas Pendidikan, suku dinas, dan pemangku kepentingan Pendidikan lainnya untuk melakukan monitoring dan evaluasi atas kegiatan sekolah
  3. Terbuka untuk usaha-usaha mendorong kinerja sekolah

Output Aplikasi e-RKAS

  1. Rencana kegiatan dan anggaran sekolah (RKAS)
  2. Rencana kegiatan dan penggunaan anggaran sekolah dalam satu tahun anggaran
  3. Rencana pembelanjaan (Anggaran Kas Bulanan)
  4. RKAS yang diterjemahkan dalan rencana pembelanjaan barang dan jasa per bulan
  5. Realiasi penyerapan anggaran
  6. Realisasi dari anggaran kas bulanan

Untuk lebih jelasnya silahkan akses ke web : http://rkas.dikdasmen.kemdikbud.go.id/. mungkin saja aplikasi tidak dipakai oleh seluruh sekolah di Indonesia, namun ada baiknya anda mempelajarinya.

Daftar Dokumen;

Masukan alamat email anda untuk mendapat berita terbaru dari www.smk-grobogan.net

0 Response to "eRKAS Elektronik Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah"

Post a Comment