Program Keahlian Ganda ini Akan Mulai Dibuka pada Bulan Juli 2017


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan membuka lagi pendaftaran Program Keahlian Ganda bagi 15.000 guru normatif SMK. Guru-guru tersebut akan dilatih menjadi guru produktif untuk bidang keahlian prioritas nasional dalam pendidikan vokasi. Pendaftaran Program Keahlian Ganda ini boleh diikuti oleh guru SMK Negeri maupun Guru SMK Swasta. Seperti yang dilansir www.kemdikbud.go.id, Program Keahlian Ganda ini akan mulai dibuka pada Bulan Juli 2017 nanti.

Ada empat bidang keahlian yang menjadi prioritas sesuai arahan presiden, yaitu bidang maritim atau kelautan, bidang pertanian atau ketahanan pangan, bidang industri kreatif, dan bidang pariwisata.


Pada Program Keahlian Ganda tahap pertama, yaitu tahun 2016, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menyeleksi 12.741 guru SMK normatif (guru pengampu mata pelajaran wajib, seperti pendidikan kewarganegaraan atau bahasa Indonesia). Saat ini mereka sedang menjalani pelatihan sebagai guru SMK produktif, yaitu guru pengampu mata pelajaran bidang keahlian. Program Keahlian Ganda merupakan langkah strategis Kemendikbud untuk mengatasi masalah kekurangan guru produktif di SMK.

Baca Juga : Pingin Menjadi Guru Produktif SMK, Ikuti Program Ini !

Ada lima tahap yang akan dijalani peserta Program Keahlian Ganda, yaitu ON-1, IN-1, ON-2, IN-2, dan magang kerja industri. Di tahap ON-1, selama 12 minggu peserta akan diberikan materi pengenalan dasar kompetensi kejuruan, dan belajar mandiri dengan modul. Pada tahap IN-1, selama delapan minggu peserta akan diberi materi penyusunan perangkat pembelajaran dan penguatan materi melalui modul. Lalu pada tahap ON-2, selama 12 minggu peserta akan magang mengajar sebagai guru produktif di kelas (SMK), dan di bengkel atau laboratorium, sekaligus belajar mandiri melalui modul. Kemudian selama dua minggu di tahap IN-2, peserta akan menerima penguatan materi, penajaman kompetensi keahlian dan uji kompetensi oleh LSP. Terakhir, peserta akan menjalani magang kerja di industri selama dua bulan.

Website resmi program keahlian ganda dapat anda lihat di :
http://alihfungsi.gtk.kemdikbud.go.id/

sumber: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/04/program-guru-keahlian-ganda-tahap-ii-siap-dibuka

Masukan alamat email anda untuk mendapat berita terbaru dari www.smk-grobogan.net

0 Response to "Program Keahlian Ganda ini Akan Mulai Dibuka pada Bulan Juli 2017"

Post a Comment