Laporan Ringkas dana BOS Triwulan I dan II Provinsi Jawa Tengah

2.317 Sekolah Menggelar UBK Test Bakat Skolastik Hari Ini


Hari sampai besok, 2-3 Oktober 2018 sebanyak 2.317 SMA/SMK/MA terdiri 427.430 peserta di 525 Kabupaten Kota diseluruh Indonesia melaksankan Tes Bakat Skolastik (TBS) untuk siswa kelas XII di sekolahnya. Pada Ujian TBS ini terdapat 7724 server yang terdaftar di Pusendik. Tes Bakat Skolastik ini sendiri menggunakan aplikasi UNBK dari Puspendik yang biasanya digunakan untuk pelaksanaan Ujian Nasional. Persiapan sudah dilaksankan dari akhir September 2018 kemarin.

Halaman Website Test Bakat Skolastik Puspendik

UBK TBS dilaksanakan bagi kelas XII di SMA dan SMK seluruh Indonesia. Sekolah dapat memilih hari tes antara tanggal 2 – 3 Oktober 2018. UBK TBS dilaksanakan maksimal tiga sesi setiap harinya. Adapun pengaturan sesi adalah sebagai berikut:

  • Sesi 1, pukul 08.00-09.30 waktu setempat
  • Sesi 2, pukul 10.30-12.00 waktu setempat
  • Sesi 3, pukul 13.00-14.30 waktu setempat

UBK TBS bertujuan membantu sekolah memberikan informasi mengenai potensi belajar siswa. Sekolah akan memperoleh gambaran potensi siswa dalam kemampuan verbal, kuantitatif, dan penalaran.
Baca Juga; Apa Itu Tes Bakat Skolastik (TBS) ?
Tes Bakat Skolastik (TBS) merupakan tes untuk memprediksi kemampuan seseorang jika diberikan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau pada situasi baru. TBS terdiri dari tiga subtes, yaitu; verbal, kuantitatif, dan penalaran. Puspendik, sebagai salah satu unit kerja penting di Kemendikbud, telah mengembangkan TBS sejak 1990.

Pelaksanaan UBK TBS di MAN 1 Purwodadi

Karenanya, Puspendik bertanggung jawab untuk mensosialisasikan dan memberikan layanan TBS kepada siswa di seluruh pelosok Indonesia. TBS bertujuan memberikan informasi tentang potensi akademis siswa kepada sekolah, orang tua, dan siswa.

Keunggulan TBS ada pada prosedur pengembangan butir soalnya yang valid dan terkalibrasi. Melalui butir soal yang valid dan terkalibrasi, maka hasil tes dari paket dan tahun yang berbeda akan dapat diperbandingkan. TBS mempunyai korelasi yang tinggi dengan prestasi belajar seseorang, Siswa dengan nilai TBS tinggi mempunyai prestasi belajar yang baik. Penggunaan tes prestasi dan TBS secara bersamaan akan memberikan gambaran kemampuan siswa yang lebih lengkap.

Pada bulan Oktober 2018 ini, Puspendik akan melaksanakan simulasi TBS di seluruh Indonesia melalui ujian berbasis komputer (UBK). Aplikasi UBK yang digunakan pada TBS sama dengan aplikasi UNBK, namun memiliki dua perbedaan utama dengan UNBK yaitu siswa dapat langsung melihat skor jumlah jawaban benar setelah menyelesaikan tes dan siswa memperoleh laporan hasil TBS tiga minggu setelah pelaksanaan



Pelaksanaan TBS ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut:

  1. Sekolah terbantu mengidentifikasi potensi verbal, kuantitatif, dan penalaran siswa.
  2. Informasi tersebut dapat digunakan untuk pemilihan minat pada penjurusan di sekolah atau di perguruan tinggi.
  3. Proktor dan teknisi sekolah semakin terbiasa dengan aplikasi UBK Puspendik yang juga digunakan dalam UNBK.
  4. Sekolah memperoleh informasi mengenai layanan non akademis yang diberikan oleh Puspendik dan bagaimana cara memanfaatkannya.
Daftar Unduhan:

Masukan alamat email anda untuk mendapat berita terbaru dari www.smk-grobogan.net

0 Response to "2.317 Sekolah Menggelar UBK Test Bakat Skolastik Hari Ini"

Post a Comment