Peringatan Hari Guru Nasional Ke-73 Tahun 2018


Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) jatuh pada tanggal 25 November tiap tahunya. Pada tahun 2018 ini adalah peringatan Hari Guru Nasional yang ke-73. Biasanya akan diadakan upacara di sekolah-sekolah maupun Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di tiap daerah. Karena HGN juga merupakan HUT PGRI maka dalam upacara tersebut semua peserta mengenakan seragam PGRI.

Wujudkan Guru Sebagai Penggerak Perubahan Mennuku Indonesia Cerdas
Berkarakter Dalam Revolusi Industri 4.0

Peringatan HGN ini pertama kali diadakan sejak tahun 1994 sesuai dengan keputusan presiden. Berdasarkan Keppres Nomor 78 Tahun 1994 dan juga di UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen, 25 November dipilih sebagai Hari Guru Nasional. Peringatan Hari Guru Nasional ini juga sekaligus ulang tahun PGRI.

Sejarah Hari Guru Nasional

Dua bulan setelah kemerdekaan Indonesia, yaitu pada 24-25 November 1945, Hari Guru mulai digaungkan. Waktu itu, para guru membentuk kongres guru untuk mendukung kemerdekaan Indonesia di kota Surakarta.
Baca Juga : Surat Edaran tentang Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2018
Kongres tersebut menjadi tempat berkumpulnya para guru yang berjuang mempertahankan pendidikan Indonesia di tengah penjajahan. Mereka semua yang tergabung di kongres itu adalah guru yang masih aktif mengajar, pensiunan pejuang, pegawai pendidikan, dan lainnya.

Kongres tersebut menjadi tempat berkumpulnya para guru yang berjuang mempertahankan pendidikan Indonesia di tengah penjajahan. Mereka semua yang tergabung di kongres itu adalah guru yang masih aktif mengajar, pensiunan pejuang, pegawai pendidikan, dan lainnya.

Acara HUT ke-73 PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2018

Puncak Acara HUT ke-73 PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2018 tingkat Nasional akan digelar di Bogor Jawa Barat, Sabtu, 1 Desember 2018 dengan acara Resepsi yang rencananya dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo beserta sejumlah menteri terkait disamping para guru yang datang dari berbagai wilayah di Indonesia. 

Sedangkan untuk tingkat Provinsi Jawa Tengah puncak acara HUT ke-73 PGRI dan HGN 2018 berupa Resepsi akan diselenggarakan di Balairung Universitas PGRI Semarang, Sabtu, 8 Desember 2018. Demikian informasi dari Sekretaris Umum PGRI Jawa Tengah, Dr. Muhdi, S.H, M.Hum di Sekretariat PGRI Jateng yang dirilis http://pgri-jateng.info

Download Pidato Sambutan Hari Guru Nasional Tahun 2018

Pidato Sambutan pada Upacara Peringatan Hari Guru Nasional Ke-73 Tahun 2018 sudah  kami dapatkan maka anda dapat menunduh  pidato sambutan Mendikbud pada  peringatan HGN tahun 2018 yang dapat anda unduh pada tombol berikut;

Masukan alamat email anda untuk mendapat berita terbaru dari www.smk-grobogan.net

0 Response to "Peringatan Hari Guru Nasional Ke-73 Tahun 2018"

Post a Comment